6.05.2011

Nonton TV "gak" Pake TV


Memang betul tidak ada yang bisa membendung arus besar perkembangan zaman yang sangat pesat kecuali Tuhan. Kalau dilihat ke puluhan tahun lalu, cuma orang kaya yang bisa punya TV. Itu pun masih TV hitam putih. Belasan tahun yang lalu, ketika generasi TV berwarna mulai menjamur di Indonesia, pun masih terbatas orang yang dapat menikmati siaran televisi. Tapi sekarang beda, siapa saja, kapan saja, dimana saja, kita dapat dengan mudah menonton TV. Hampir semua rumah di Indonesia terutama di kota-kota besar pasti memiliki sebuah TV. Bahkan orang yang tidak memiliki TV pun masih bisa menikmati siaran TV di tempat-tempat umum, seperti di warung kopi misalnya. Dahsyatnya lagi akhir-akhir ini handphone dengan harga 500 ribuan juga sudah terdapat fitur untuk menonton TV secara GRATIS dimana saja, kapan saja.

Tidak hanya itu, ternyata dengan memanfaatkan fasilitas internet pada komputer, kita juga bisa mengakses ribuan stasiun TV secara gratis baik dalam dan luar negeri. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menonton TV di Internet:


1. Melalui winamp (Menggunakan software khusus)

Ternyata pada software yang sangat poluler untuk memutar musik ini, tidak hanya terdapat fitur untuk memutar video dan lagu. Tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengakses stasiun TV dan radio luar negeri. Interface dan cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup koneksikan komputer anda ke internet (online) lalu buka program winamp (saya menggunakan versi 5.531). Pilih "media library" lalu pilih "online services". Disana terdapat beberapa pilihan: shoutcash radio, shoutcash TV, winamp music, AOL video, dan games. Jika kita ingin menonton TV melalui winamp cukup klik "SHOUTcash TV", maka semua channel yang tersedia akan muncul dilayar.


Kita hanya perlu meng-klik channel yang kita inginkan dan winamp akan langsung buffer beberapa detik, maka siaran TV tersebut akan langsung muncul dilayar komputer, sama halnya seperti kita menonton video yang ada di dalam harddisk komputer sendiri. Begitu mudah dan tidak perlu waktu lama untuk buffering (ketika saya tes dengan modem 3, kartu flash telkomsel). Kualitas suara dan gambarnya pun tidak mengecewakan. Sebagai pengguna saya merasa puas dengan kecepatan buffering dan kulitas yang dihasilkan. Namun kekurangannya channel yang tersedia masih terbatas dan tidak ada channel dari Indonesia.

Tampilan ketika menonton melalui winamp


2. Melalui situs tv online (Tanpa software khusus)

Cara ini sedikit berbeda dengan cara diatas, kita tidak perlu menginstal software khusus untuk menonton TV. Yang kita butuhkan adalah software internet browser (seperti firefox, chrome, opera, dll) yang didalamnya sudah terinstall flash player (seperti adobe flash player). Kemudian kita hanya perlu membuka situs-situs yang menyediakan layanan TV LIVE STREAMING (bahasa kita= tv online). Untuk menonton situs dalam negeri saya sarankan mengunjungi http://www.mivo.tv/. Situs ini menyediakan stasiun tv lokal seperti: sctv, tvone, transtv, indosiar, dan mivotv. Bahkan trans7, antv, dan spacetoon juga bakal ikutan "mejeng" disitus ini (walaupun masih coming soon).



Namun jika kita ingin menonton siaran TV luar negeri, ada baiknya anda mengunjungi http://www.freeetv.com/. Disini ada banyak stasiun televisi luar negeri yang berasal dari berbagai negara (tapi sayang Indonesia tercinta tidak masuk daftar). Kualitas gambar dan suaranya pun terasa lebih baik. dan lagi-lagi, layanan ini GRATIS.

Live Streaming CNN dengan kualitas gambar yang nyaman di freetv.com

Bahkan situs freeetv.com memiliki lebih dari 1800 channel free online untuk ditonton.
Kemajuan teknologi benar-benar membuat manusia menjadi semakin mudah dalam melakukan sesuatu. Yang perlu kita perhatikan jangan sampai kemajuan ini membuat kita sebagai pangguna teknologi menjadi terlena dan lupa dengan hal-hal yang lebih penting yang harus kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggal-kan lha jejak kalian di blog ini dengan memberi masukan komentar ^_^