11.21.2011

Baca Berita Lebih Sederhana Tanpa Iklan

Pernah membaca berita lewat news portal semacam MetroTV News, Detik.Com, OkeZone.Com atau VivaNews.Com? Selain berita yang terupdate dengan baik tentunya yang tidak akan dilewatkan oleh pengunjungnya adalah iklan-iklan yang berjejer rapi. Bukannya penampilan rapi dari iklan-iklan tersebut yang akan dibahas di sini, melainkan bandwidth yang terbuang percuma karena harus mendownload gambar-gambar iklan tersebut. Selain itu, juga menjadikan kunjungan kita ke portal tersebut seperti mengunjungi etalase iklan bukan untuk membaca berita. Tapi tenang saja ada cara untuk meminimalisir iklan tersebut untuk muncul.

Saya sendiri menyiasati hal tersebut dengan mengunjungi versi mobile portal berita tersebut. Mengapa demikian? Pertama, biasanya portal berita yang ternama sudah menyertakan versi mobile yang lebih ringan untuk didownload ketimbang versi desktopnya. Kedua, portal berita versi mobile biasanya to-the-point, gak disuguhi beragam iklan dalam skala besar. Jadi, bisa langsung baca beritanya. :)

Sebagai catatan, trik ini hanya berlaku untuk browser: Mozilla Firefox, Seamonkey dan keluarganya. Download extension user-agent-switcher di alamat berikut.
http://chrispederick.com/work/user-agent-switcher/

Nah, berikutnya tinggal make deh. Silakan akses menu: Tools | Default User Agent | iPhone 3.0. Kemudian buka situs berita yang dituju. Lihat apa yang Anda temukan.

Oya, beberapa website yang lebih moderen membedakan tampilan antara pengunjung yang menggunakan perangkat mobile moderen dengan yang umum. Semisal pengguna yang menggunakan iPhone dengan Opera Mini tentunya akan menghasilkan perbedaan tampilan. Makanya jangan heran pada beberapa situs, tampilannya lebih manis karena ditujukan untuk iPhone. Tapi bila ingin menggunakan tampilan umum --biasanya dengan browser Opera Mini, tambahkan baris berikut pada mode edit user agent.

Opera/9.80 (J2ME/MIDP; Opera Mini/4.2.13221/20.2497; U; en) Presto/2.5.25

atau

Opera/9.80 (J2ME/MIDP; Opera Mini/5.0.16823/20.2497; U; en) Presto/2.5.25

Selamat mencoba...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggal-kan lha jejak kalian di blog ini dengan memberi masukan komentar ^_^